Biografi Andrea Pirlo - Playmaker Sepakbola

andrea pirlo, sepakbola, biografi, olahragaBiografi Andrea Pirlo. Dikenal dengan ahli tendangan bebas mematikan, Ia lahir di Flero, Lombardy, Italia, 19 Mei 1979, Perjalanan karier Pirlo di klub sepak bola yaitu Brescia, Internazionale, Reggina, A.C. Milan, dan Juventus hingga kini. Pirlo melakukan debut bersama Brescia ketika melawan Reggina pada tanggal 21 Mei 1995. Setelah berhasil menjadi pemain inti Brescia, dia menjadi incaran pelatih Inter Milan, Mircea Lucescu, yang akhirnya membelinya. Akan tetapi di musim pertamanya, Pirlo tidak berhasil masuk dalam tim inti, dan akhirnya dipinjamkan ke Reggina. Setelah musim yang menawan bersama Reggina, dia kembali ke Inter tetapi sekali lagi gagal menjadi pemain inti dan dipinjamkan lagi ke Brescia.

Setelah 3 musim bersama Inter, Pirlo akhirnya dijual ke AC Milan. Dengan AC Milan, dia benar-benar menemukan penampilan terbaiknya. Awalnya Pirlo memang bermain sebagai gelandang serang, sebelum akhirnya pelatih Carlo Ancelotti mengembangkannya menjadi seorang playmaker. Kerja samanya dengan Gennaro Gattuso memegang peranan penting bagi Milan.

Bersama A.C. Milan ia telah memenangkan 1 titel Scudetto, 2 titel Liga Champions dan 1 titel Piala Dunia Antar Klub. Untuk kariernya di tim nasional Italia, ia telah bermain di ajang Euro 2004, memenangkan medali perunggu pada ajang Olimpiade tahun 2004, dan menjadi juara di Piala Dunia 2006.

Ia mulai dikenal di kalangan pesepak bola sejak ia bermain di tim nasional Italia U-21, bersama dengan Gennaro Gattuso, Nicola Ventola, dan Christian Abbiati. Walau pada awal kariernya ia adalah seorang gelandang menyerang tapi ia dapat beradaptasi menjadi seorang gelandang tengah bertahan seperti yang ia lakoni sampai saat ini di klubnya. Ia adalah seorang inspirator lapangan yang kreatif, dimana banyak gol-gol yang lahir dimulai dari pergerakan/umpan-umpannya.

Untuk saat ini ia dihargai oleh banyak pihak sebagai salah satu gelandang terbaik, terutama di Serie A. Pirlo adalah seorang pemain dengan bakat yang hebat dalam hal kreativitas dan mengumpan bola, menjadikan ia seorang playmaker di klub yang dibelanya saat ini, A.C. Milan. Meskipun posisinya berada tepat di depan barisan pertahanan (gelandang bertahan), namun ia sering maju ke depan untuk memberi umpan-umpan kepada para penyerang. Selain itu, dia juga dikenal mempunyai tendangan bebas yang akurat. Pada Mei 2011 Ia Memutuskan Pergi Dari AC Milan dan memilih bergabung ke Juventus dengan status free transfer. Pada 25 Mei 2011 Ia Pindah Ke Juventus dengan kontrak selama 3 tahun terhitung mulai tanggal 1 Juli 2011 Dengan Berstatus Free Transfer Dari AC Milan. Dari Juventus, ia kemudian memutuskan untuk berpetualang di klub Amerika, New York City FC (2015-sekarang).

Kalau mau jujur Piala Dunia 2006 Jerman adalah puncak karir Andrea Pirlo. Ia layak dinobatkan sebagai pemian terbaik daripada seniornya, Fabio Cannavaro. Ialah yang menjadi jantung permainan Italia. Umpan akurat, visi permainan yang bagus dan dibarengi intelegensi yang tinggi membuat Pirlo menjadi pemain sempurna. Pirlo sudah bemain untuk Italia sejak U-15, U-18 dan U-21. Sama seperti Buffon, hanya Piala Eropa yang belum diraihnya. Bersama Milan, ia mendapat seluruh penghargaan baik lokal maupun internasional.

Label: , , ,