Biografi Wayne Rooney

Wayne Mark Rooney Lahir pada tanggal 28 Oktober 1985, Rooney dibesarkan di pinggiran kota Liverpool disebut Croxteth, tempat ia dan kedua saudaranya mengenyam pendidikan di De La Salle School. Rooney merupakan ujung tombak atau Penyerang (striker) dari klub inggris, Manchester United (Red Devils) dan Timnas Inggris (The Three Lions). Sebagai pemain, Rooney tidak hanya punya skill, kecepatan dan feeling gol yang tinggi, tetapi juga kekuatan fisiknya sangat prima. menggunakan nomor punggung 10 di MU, dan menggunakan nomor punggung 9 di Timnas Inggris.


Rooney memulai karirnya bersama klub Everton, bergabung dengan tim muda mereka pada usia sepuluh tahun dan kemudian terus naik pangkat setelah itu. Dia membuat debut profesional pada tahun 2002 dan gol pertamanya membuatnya menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Premier pada saat itu. Dia bisa dengan cepat menjadi bagian dari tim utama Everton, menghabiskan dua musim di klub Merseyside. Sebelum awal Musim 2004-05 ia pindah ke Manchester United seharga £ 25.6 juta dan menjadi pemain kunci tim utama mereka. Ia telah bermain selama 65 kali di Everton dan mencetak 15 gol selama 2 tahun kariernya di Everton.

Wayne Rooney bersinar di Old Trafford pada September 2004, ketika melakukan debut pertamanya di setan merah dan menjaringkan hattrick ke gawang Fenerbahce. Moment ini sangat spesial dan tak terlupakan, dan langsung melejit menjadi idola Old Traford.


Kepindahannya dari Everton bukan sekedar penampilan gemilangnya di Everton, tetapi mengingat usia yang masih muda, bakat, kemampuan mencetak goalnya. Roney memang sudah menjadi target United sejak lama sejak berusia 19 tahun. Debut pertamanya di Old Traford Rooney terbilang sukses besar. Dia mengakhiri musim dengan 19 gol dalam 48 pertandingan. Permainan gemilangnya di United membuat namanya mendapat tempat utama di tim nasional Inggris. Sven Gorran Erikson bahkan sampai memujinya sebagai Pelenya Inggris. Meskipun dalam piala dunia 2006 Inggris terbilang tidak sukses, namun kecemerlangan Roney berlanjut di kompetisi lokal. Dia dan United berhasil merebut Piala Carling.

Musim tahun 2007/08 kehadiran Cristiano Ronaldo sempat mencuri perhatian publik united dan pemberitaan tentang united, namun Rooney tetap konsisten dengan penampilan dan kesetiannya serta mampu menyumbangkan 18 gol di premier league, dan empat goal di level Eropa. Kehadiran tiga trio maut Roney,Tevez dan C.Ronaldo adalah salah satu faktor kunci setan merah dalam merengkuh titel 'Premier League dan kemenangan ganda di Liga Champions.


Suami dari Coleen McLoughlin ini terkenal tamperemental. Gaya mainnya ngotot. Pada Piala Dunia 2010 di Jerman, ia cedera menjelang akhir turnamen. Tahun 2000/10 Roney mendapat penghargaan individu sebagai “player of the Year oleh PFA (Asosiasi pemain profesional). Pada Bulan Oktober 2010 ia menandatangani kontrak baru selama lima tahun yang menjamin masa depannya di Manchaster United.

Referensi :

- http://www.goal.com/id-ID/people/england/1681/wayne-rooney/profile
- http://www.biografitokohdunia.com/2011/03/biografi-wayne-rooney.html
- http://www.bola.net/profile/wayne_rooney/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Wayne_Rooney
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah Follower Biografi Tokoh Dunia di Facebook dengan mengklik tombol Like dibawah
Komentar Lewat Facebook
0 Komentar Lewat Blogger
0 Komentar Lewat Twitter

Komentar Tentang Biografi :

0 komentar tentang “ Biografi Wayne Rooney ”

Poskan Komentar