Biografi Del Piero - Legenda Sepakbola Juventus

Biografi Del Piero dikenal sebagai Legenda Sepakbola klub Juventus. Del Piero Alessandrao lahir pada tanggal 9 November 1974 di Conegliano Veneto, Italia dalam sebuah keluarga sederhana dimana ayahnya adalah seorang tukang listrik dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Sementara tumbuh dewasa dianggap menggelikan Del Piero membuat dia hidup sebagai seorang sopir truk karena dia ingin melihat dunia di luar rumah, tetapi diubah pedesaan ambisinya untuk menjadi pemain sepak bola.

Del Piero merupakan salah satu pencetak gol tercepat di Liga Champions. Pada tahun 1997, dia mampu membuat gol pada detik ke 20,12 ketika Juventus melawan Manchester United. Namun prestasinya masih kalah dengan Roy Makaay. Tak banyak pemain yang memiliki rasa kesetiaan begitu tinggi kepada klub seperti yang dimiliki Alessandro Del Piero. Sejak bergabung dengan Juventus pada tahun 1993, pemain berusia 34 tahun ini tetap bertahan dan tidak mau pindah meninggalkan I Bianconeri.
Del Piero Kecil

Del Piero mengawali kariernya dengan bermain bagi klub Padova pada usia 13 tahun. Pada tahun 1991 ia mendapat kesempatan untuk bermain secara profesional untuk pertama kalinya dengan bermain di Serie-B sebanyak empat kali. Pada musim berikutnya ia bermain 10 kali dan berhasil mencetak gol pertamanya.

Tahun 1993, Juventus membeli Del Piero. Debut pertamanya bersama I Bianconeri adalah saat melawan Foggia pada bulan September 1993. Pada pertandingan berikutnya melawan Reggina, pria berwajah ganteng ini mencetak gol pertamanya bagi Juventus. Padahal kala itu ia menjadi pemain pengganti. Del Piero kemudian berhasil menciptakan hat-trick pertamanya ketika Juventus melawan Parma pada musim yang sama.

Del Piero secara bertahap berkembang menjadi sebuah ikon klub Juventus dan dipuja oleh pendukung klub. Dengan klub Turin, dia memenangkan juara Serie A Italia tujuh kali (1995, 1997, 1998, 2002, 2003, 2005 dan 2006), Liga Champions UEFA sekali (1996), dan Piala Interkontinental sekali (1996). Dia menyelesaikan musim 2007-2008 Serie A musim sebagai liga pencetak gol terbanyak dengan 21 gol. Del Piero adalah salah satu dari sedikit pemain yang memutuskan untuk tetap ke Old Lady ketika mereka diturunkan ke Seri B pada musim panas 2006 untuk pertandingan-fixing.

Del Piero terkenal dengan kemampuannya dalam menggiring bola. Ia juga menjadi penendang tendangan bebas yang jitu. Tak heran karena itulah ia dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia dalam mengeksekusi free kick. Del Piero adalah pemain yang sangat serbaguna yang bisa bermain di manapun di antara lini tengah dan serangan. Dia dapat bermain sebagai penembak jitu atau striker, sebagai pendukung striker, sebagai gelandang atau sebagai lubang-pemain.

Alessandrao Del Piero juga terkenal memiliki karir internasional bersama tim nasional Italia. Dia adalah bangsa sepanjang masa keempat pencetak gol terkemuka dan memenangkan Piala Dunia Jerman 20.006. Dia ditampilkan dalam Euro’96, Piala Dunia 2002, Euro 2000, Piala Dunia 2002 dan Euro 2004 juga.
Del Piero

Sebenarnya banyak klub-klub besar Eropa yang tertarik dan ingin membeli Del Piero. Tapi ia menolaknya. Hatinya telah diberikan hanya kepada Juventus. Ketika I Bianconeri terkena skandal Calciopoli dan harus terkena hukuman degradasi ke Serie-B pada tahun 2006, Del Piero bahkan tidak meninggalkan klubnya itu. Ia tetap bertahan. Berkat dirinya pula Juventus akhirnya berhasil kembali ke Serie-A.

Penampilan terbaik pria penggemar band Oasis ini adalah pada musim 1997-98. Bersama Juventus, Del Piero berhasil mencetak 21 gol sepanjang tampil di Serie-A. Di musim yang sama inilah ia juga menjadi top skorer Liga Champions dengan torehan sebanyak 10 gol. Berbagai penghargaan telah banyak direbut pria yang hobi membaca ini. Tapi prestasi terbesarnya adalah ketika ia mendapatkan penghargaan Golden Foot 2007. Penghargaan ini diberikan oleh World Champions Club kepada pemain yang usianya di atas 29 tahun yang dinilai berprestasi. Walaupun kariernya di timnas tidak sesukses ketika ia bermain di klub, tapi nama Del Piero tak pelak telah menjadi legenda Italia dan ikon sepak bola Eropa.

Del Piero

Biodata/Profil Alexandro Del Piero
Nama : Del Piero Alessandrao/Aelxandro Del Piero
Lahir: 09 November 1974
Tempat Lahir : Conegliano Veneto
Kewarganegaraan: Italia
Tinggi : 175 cm
Berat badan : 74 kg
Julukan: Il Pinturichio, Mr Juventus, Il Fenomeno

Personal penghargaan:
- Best Italian Player
- UEFA Champions League Top Scorer
- Kebanyakan Karismatik Penyerang di Italia
- All-Time Top Scorer untuk Juventus

Label: , , , ,