Biografi Celine Dion - Sang Diva Pop Dunia


Biografi Celine Dion. Dia dikenal sebagai diva pop dunia. Bernama lengkap Céline Marie Claudette Dion yang lahir di Charlemagne, Quebec, Kanada, 30 Maret 1968, ia lebih dikenal dengan Celine Dion merupakan seorang penyanyi dan diva pop dunia berkebangsaan Kanada. Ia memulai debutnya di industri rekaman pada tahun 1981 sebagai penyanyi berbahasa Perancis, di bawah bimbingan René Angélil, yang kemudian menjadi suaminya sampai sekarang. Lagu berbahasa Perancislah yang membuat namanya melambung di seantero Kanada. Ia pun kemudian menjadi penyanyi terkenal di negara-negara berbahasa Perancis. Pada tahun 1990, Celine mulai merilis album berbahasa Inggris pertamanya, Unison yang melejitkan namanya di Amerika Utara dan di seluruh dunia.

Sepanjang dekade 1990-an, Celine meraih kesuksesan di seluruh dunia dengan sejumlah album dalam bahasa Inggris dan Perancis, menjadikannya salah satu artis tersukses dalam sejarah musik pop. Apalagi, sekian banyak penghargaan bergengsi diraihnya seperti penghargaan lagu terbaik versi Yamaha Musik, Jepang pada 1982, Eurovision di Irlandia pada akhir 80an, beberapa penghargaan Grammy Award, Canadian Grammy, dan American Music Awards. Seniman musik Amerika sering dijadikan kiblat para penyanyi pemula di seluruh dunia. Tak terkecuali Celine Dion yang cukup terinspirasi dengan Michael Jackson. Performa dan gaya Raja Pop dunia ini dalam mengekpresikan dirinya begitu memesonakan Celine sehingga membuatnya begitu percaya diri dalam membangun karirnya. Celine terus mengepakkan sayap kesuksesannya hingga dikenal luas oleh mereka yang tinggal di 3 benua besar seperti Amerika, Eropa, dan Asia.

Profil anak bungsu dari 14 bersaudara ini semakin melejit seiring dengan karya-karya musik yang diciptakannya sendiri dan beberapa pencipta lagu kenamaan lainnya Tercatat lebih dari 100 juta single dan album terjual habis di mancanegara. Keluarga merupakan hal terpenting dalam hidup Celine mengingat apa yang telah mereka lakukan sejak belum menjadi apa-apa hingga setenar sekarang. Celine terlahir di tengah-tengah keluarga yang sangat mencintai musik. Lagu pertamanya, ft Was Only a Dream diciptakannya bersama Therese Tanguay, sang ibu, dan Jacques, sang kakak. Kemudian, kakak lainnya bernama Michel Dondalinger, mengirimkan rekaman lagu berbahasa Perancis itu ke sebuah label rekaman. Dan ternyata, tidak mengecewakan.

Di usia yang masih sangat belia, Celine Dion dapat membawakan lagu La Voix. do bon Diet) atau The Voice of The Good God dalam album pertamanya dengan sangat menyentuh dan memukau. Tampaknya, suara sopran yang dimiliki ibu dari Rene Charles, Eddy Marnay, dan Nelson Mandela ini merupakan anugerah yang tidak dapat ditukar dengan apapun. Simak saja lagu Beauty and the Seas?yang dibawakannya bersama Peabo Bryson dalam album bertajuk Celine Dion yang dirilis pada 1992.
Celine yang saat itu berusia 24 tahun begitu piawai dalam membawakan lagu pengisi soundtrack film berjudul sama ini. Hal yang samaterjadi pada lagu-lagu, seperti When i Faff in Love, The Power of Love, Immortality yang dinyanyikannya bersama Bee Gees, The Prayer bersama Andrea Bocelli, frn Your Angel bersama R.Kelly dantentu saja My Heart Will Go On. Dunia pernah kehilangan Celine saat ia memutuskan untuk undur diri dari dunia showbiz beberapa saat setelah lagu My Heart Will Go On diluncurkan. Namun, pada 22 Maret 2002 Celine Dion hadir kembali dengan lagu teranyarnya A New Day Has Come. Lagu ini sekaligus menjadi penanda kembalinya ia ke dunia tarik suara.
Celine tidak hanya mendapatkan kebahagiaan dari hasil penjualan karya- karyanya, tetapi juga dari apresiasi masyarakat dunia yang menjadikan lagunya sebagai penghibur dan penyemangat dalam hidup. Penyanyi sekaligus pencipta lagu ini mendedikasikan seluruh hidupnya demi musik.

Pada tahun 1996, Celine menerima penghargaan "Medals of Arts and Letters" dari pemerintah Perancis sebagai artis berbahasa Perancis terlaris dalam sejarah. Pada tahun 2004, ia juga dianugerahi Chopard Diamond award oleh World Music Awards sebagai artis wanita terlaris sepanjang masa. Pada tahun 2007, Sony BMG mengumumkan bahwa Dion telah menjual lebih dari 200 juta keping album di seluruh dunia. biografiku.com

Label: , , ,