Biografi Bob Sadino - Pengusaha Sukses Dari Indonesia

Bob Sadino (Lampung, 9 Maret 1933), atau akrab dipanggil om Bob, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan.


Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya itu, ia singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.

Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indonesia. Ia membawa serta 2 Mercedes miliknya, buatan tahun 1960-an. Salah satunya ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan sementara yang lain tetap ia simpan. Setelah beberapa lama tinggal dan hidup di Indonesia, Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri.

Pekerjaan pertama yang dilakoninya setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi tukang batu. Gajinya ketika itu hanya Rp.100. Ia pun sempat mengalami depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya.

Suatu hari, temannya menyarankan Bob memelihara ayam untuk melawan depresi yang dialaminya. Bob tertarik. Ketika beternak ayam itulah muncul inspirasi berwirausaha. Bob memperhatikan kehidupan ayam-ayam ternaknya. Ia mendapat ilham, ayam saja bisa berjuang untuk hidup, tentu manusia pun juga bisa.


Sebagai peternak ayam, Bob dan istrinya, setiap hari menjual beberapa kilogram telor. Dalam tempo satu setengah tahun, ia dan istrinya memiliki banyak langganan, terutama orang asing, karena mereka fasih berbahasa Inggris. Bob dan istrinya tinggal di kawasan Kemang, Jakarta, di mana terdapat banyak menetap orang asing.

Tidak jarang pasangan tersebut dimaki pelanggan, babu orang asing sekalipun. Namun mereka mengaca pada diri sendiri, memperbaiki pelayanan. Perubahan drastis pun terjadi pada diri Bob, dari pribadi feodal menjadi pelayan. Setelah itu, lama kelamaan Bob yang berambut perak, menjadi pemilik tunggal super market (pasar swalayan) Kem Chicks. Ia selalu tampil sederhana dengan kemeja lengan pendek dan celana pendek.

Bisnis pasar swalayan Bob berkembang pesat, merambah ke agribisnis, khususnya holtikutura, mengelola kebun-kebun sayur mayur untuk konsumsi orang asing di Indonesia. Karena itu ia juga menjalin kerjasama dengan para petani di beberapa daerah.

Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Ia dan istrinya sering jungkir balik. Baginya uang bukan yang nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang.

Di saat melakukan sesuatu pikiran seseorang berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, yang ada pada diri seseorang adalah pengembangan dari apa yang telah ia lakukan. Kelemahan banyak orang, terlalu banyak mikir untuk membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. “Yang paling penting tindakan,” kata Bob.

Keberhasilan Bob tidak terlepas dari ketidaktahuannya sehingga ia langsung terjun ke lapangan. Setelah jatuh bangun, Bob trampil dan menguasai bidangnya. Proses keberhasilan Bob berbeda dengan kelaziman, mestinya dimulai dari ilmu, kemudian praktik, lalu menjadi trampil dan profesional.


Menurut Bob, banyak orang yang memulai dari ilmu, berpikir dan bertindak serba canggih, arogan, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain.

Sedangkan Bob selalu luwes terhadap pelanggan, mau mendengarkan saran dan keluhan pelanggan. Dengan sikap seperti itu Bob meraih simpati pelanggan dan mampu menciptakan pasar. Menurut Bob, kepuasan pelanggan akan menciptakan kepuasan diri sendiri. Karena itu ia selalu berusaha melayani pelanggan sebaik-baiknya.

Bob menempatkan perusahaannya seperti sebuah keluarga. Semua anggota keluarga Kem Chicks harus saling menghargai, tidak ada yang utama, semuanya punya fungsi dan kekuatan.

Anak Guru

Kembali ke tanah air tahun 1967, setelah bertahun-tahun di Eropa dengan pekerjaan terakhir sebagai karyawan Djakarta Lloyd di Amsterdam dan Hamburg, Bob, anak bungsu dari lima bersaudara, hanya punya satu tekad, bekerja mandiri. Ayahnya, Sadino, pria Solo yang jadi guru kepala di SMP dan SMA Tanjungkarang, meninggal dunia ketika Bob berusia 19.

Modal yang ia bawa dari Eropa, dua sedan Mercedes buatan tahun 1960-an. Satu ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan. Ketika itu, kawasan Kemang sepi, masih terhampar sawah dan kebun. Sedangkan mobil satunya lagi ditaksikan, Bob sendiri sopirnya.

Suatu kali, mobil itu disewakan. Ternyata, bukan uang yang kembali, tetapi berita kecelakaan yang menghancurkan mobilnya. ”Hati saya ikut hancur,” kata Bob. Kehilangan sumber penghasilan, Bob lantas bekerja jadi kuli bangunan. Padahal, kalau ia mau, istrinya, Soelami Soejoed, yang berpengalaman sebagai sekretaris di luar negeri, bisa menyelamatkan keadaan. Tetapi, Bob bersikeras, ”Sayalah kepala keluarga. Saya yang harus mencari nafkah.”

Untuk menenangkan pikiran, Bob menerima pemberian 50 ekor ayam ras dari kenalannya, Sri Mulyono Herlambang. Dari sini Bob menanjak: Ia berhasil menjadi pemilik tunggal Kem Chicks dan pengusaha perladangan sayur sistem hidroponik. Lalu ada Kem Food, pabrik pengolahan daging di Pulogadung, dan sebuah ”warung” shaslik di Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta. Catatan awal 1985 menunjukkan, rata-rata per bulan perusahaan Bob menjual 40 sampai 50 ton daging segar, 60 sampai 70 ton daging olahan, dan 100 ton sayuran segar.

”Saya hidup dari fantasi,” kata Bob menggambarkan keberhasilan usahanya. Ayah dua anak ini lalu memberi contoh satu hasil fantasinya, bisa menjual kangkung Rp 1.000 per kilogram. ”Di mana pun tidak ada orang jual kangkung dengan harga segitu,” kata Bob.

Om Bob, panggilan akrab bagi anak buahnya, tidak mau bergerak di luar bisnis makanan. Baginya, bidang yang ditekuninya sekarang tidak ada habis-habisnya. Karena itu ia tak ingin berkhayal yang macam-macam.

Haji yang berpenampilan nyentrik ini, penggemar berat musik klasik dan jazz. Saat-saat yang paling indah baginya, ketika shalat bersama istri dan dua anaknya.

Profil dan Biodata Bob Sadino

Nama :
Bob Sadino
Lahir :
Tanjungkarang, Lampung, 9 Maret 1933
Agama :
Islam

Pendidikan :
-SD, Yogyakarta (1947)
-SMP, Jakarta (1950)
-SMA, Jakarta (1953)

Karir :
-Karyawan Unilever (1954-1955)
-Karyawan Djakarta Lloyd, Amsterdam dan Hamburg (1950-1967)
-Pemilik Tunggal Kem Chicks (supermarket) (1969-sekarang)
-Dirut PT Boga Catur Rata
-PT Kem Foods (pabrik sosis dan ham)
-PT Kem Farms (kebun sayur)

Alamat Rumah:
Jalan Al Ibadah II/12, Kemang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Telp: 793981

Alamat Kantor :
Kem Chicks Jalan Bangka Raya 86, Jakarta Selatan Telp: 793618

Referensi :

- http://pengusahamuda.wordpress.com/biografi/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Bob_Sadino

-----------------------------------------------------------------------------------------------
Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com
-----------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah Follower Biografi Tokoh Dunia di Facebook dengan mengklik tombol Like dibawah
Komentar Lewat Facebook
31 Komentar Lewat Blogger
31 Komentar Lewat Twitter

Komentar Tentang Biografi :

31 komentar tentang “ Biografi Bob Sadino - Pengusaha Sukses Dari Indonesia ”

Chintya Agista mengatakan... on 

Saya sangat salut dan mengidolakan beliau, saya berharap dapat mengikuti jejak Om Bob menjadi orang sukses.Amin

saya penggemar bob sadino, saya suka gaya bisnismannya... saya disini hanya menawarkan pada pengusaha - pengusaha indonesia yang mau investasi lahan tanah di daerak kabupaten tuban jl. raya tuban - semarang luas tanah 25 HA sertifikat.. lokasi pinggir jalan raya dekat pantai/laut cocok untuk pabrik/perumahan/gudang/pelabuhan. ada yang berminat hub. Nugraha 081331421968

iplogodesign mengatakan... on 

salam sukses semuanya

kami dari iPLogoDesign ingin

menawarkan kerjasama branding

consultant untuk perusahaan anda,

kami menerima jasa pembuatan logo

secara profesional,

contact :
Putry : 021-95766079
info@iplogodesign.com
http://www.iplogodesign.com/

autocars review mengatakan... on 

Bob Sadino emang josss ga bnyak pebisnis yg kyak beliau..

blogger garut cilik mengatakan... on 

seorang pengusaha sukses, bangga dengan mereka, penggerak bangsa. sukses buat pengusaha indonesia, dan sukses buat pengusaha muda indonesia. MERDEKA

OCEAN PARK mengatakan... on 

SAYA KAGUM DG MOTIVASI DAN CITA2 PAK BOB.DAN SUATU SAAT JUGA SAYA INGIN JADI PGUSAHA YG SUKSES SEPERTI PAK BOB.DG MODAL YG SEDERHANA DAN KEJUJURAN YG TANGGUH ,TERIMAKASIH PAK BOB KARNA KISAH PAK BOB MEMOTIVASI SAYA UNTUK JD SUKSES DMASA DEPAN..........

BENYO mengatakan... on 

salam knal sob

elvas satia nugraha mengatakan... on 

SALAM HANGAT BUAT PAK BOB

MASA DEPAN SAYA INGIN SEPERTI PAK BOB

pengusaha mengatakan... on 

Mari kita ikuti langkah om bob sadino., hahasik

Admin mengatakan... on 

@all Terima kasih atas kunjungannya... salam sukses.... :)

Bapak yang satu ini patut di contoh oleh generasi muda sekarang. Generasi sekarang harus melihat kesuksesan seseorang dengan cara proses tidak sekedar hanya ujug ujug.

RIZKI HUTAGALUNG mengatakan... on 

acungkan jempol kepada BOB SADINO :)

RespoMarble mengatakan... on 

butuh perjuangan...tanpa kenal lelah

dikki arnanda mengatakan... on 

saya sangat salut lihat bapak ini karna telah menjadi orang yang sukses..
lebih baik kita contoh usaha bapak ini supaya kita bisa menjadi oranng sukses juga

rzasly@yahoo.com mengatakan... on 

saya zasli baru memulai belajar berbisnis itupun cuman modal keci cuman kendala untuk megembagkan usaha saya terkendala masalah tempat di karenakan saya cuman seorang peranatu yang igin menjadi sukses seperti om bob mungkin ini cuman mimpi aja atau hayan saja bisa sukses heee... aku tdak mau di katakan sebagai parasit saja makanya saya berusaha walau itu cuman mimpi kiranya om bob bisa membanu

alfu pulauweb mengatakan... on 

bob sadino ini memang patuh kita contoh.
bagaimanan ia berjuang untuk menjadi orang sukses

Anonim mengatakan... on 

kalau semua orang punya pemikiran kyak dia, dijamin ga' ada lg yg mskin harta. tp kalo miskin hati ga tau apa yang akan terjadi...

indah LF mengatakan... on 

loco

Anonim mengatakan... on 

gaul cak

saluuuuuutttt buat oom bob sadino . kisah hidupmu memotivasiku untuk berbuat lebih . apa yang kau katakan adalah
benar adanya yaitu berbuat bertindaklah terlebih dahulu.
kadangkala contoh-contoh pengusaha sukses tidak mau memberikan
resep keberhasilanya , tapi lain denganmu dan saya harus mengi-
kuti langkah-langkah panjangmu . bila ada kesempatan umur ini
lima belas tahun lagi (target) insya ALLAH aku ingin membukti -
kanya dan sukses sepertimu. http://doktertoeloes blogspot.com/
2011/10/teman-teman sejawat seprofesi.html

Arya mengatakan... on 

saluuuuuutttt buat oom bob sadino . kisah hidupmu memotivasiku untuk berbuat lebih . apa yang kau katakan adalah
benar adanya yaitu berbuat bertindaklah terlebih dahulu.
kadangkala contoh-contoh pengusaha sukses tidak mau memberikan
resep keberhasilanya , tapi lain denganmu dan saya harus mengi-
kuti langkah-langkah panjangmu . bila ada kesempatan umur ini
lima belas tahun lagi (target) insya ALLAH aku ingin membukti -
kanya dan sukses sepertimu

Daneswara Jauhari mengatakan... on 

wew (y) tu orang.
perlu di tiru xD

Toko Online mengatakan... on 

Inspiring.
Makasih gan infonya.

Haris mengatakan... on 

Saya ingin menjadi penerus om bob pada masa yang akan datang,salam sukses

abduroim mengatakan... on 

informasi yang sangat inspiratif..
terimakasih atas informasinya..
salam bloger.

Download Mp3 mengatakan... on 

wah keren..nih orang....jadi motivasi juga nih

Mengatasi Diabetes Melitus mengatakan... on 

Makasih nih informasinya salam kenal gan...

pras mengatakan... on 

Inspirational banget..

Anonim mengatakan... on 

Pelajaran berharga yang dapat menginspirasi kita semua ...
Dimulai dari hal kecil untuk berhasil di masa depan.. :)

Salam sukses ' elly ..

sosok yang bersahaja sekali, selain nyentrik dengan celana pendek kaya pula :D

faisal firdaus mengatakan... on 

Saya ingin menjadi penerus om bob pada masa yang akan datang,salam sukses. jangan lupa kunjungi http://wikiaanimeindonesia.blogspot.com/

Poskan Komentar