Biografi Presiden Soeharto

Soeharto dikenal sebaga satu-satunya Presiden di Indonesia yang memiliki masa jabatan terlama yaitu sekitar 32 Tahun. Dikenal dengan sebutan "Bapak Pembangunan", Soeharto di bawah pemerintahannya sukses mengantarkan Indonesia menjadi negara Swasembada dimana sektor dibidang pertanian amat berkembang dengan pesatnya melalui Program Rapelitanya. Tulisan kali ini akan mengulas tentang profil kehidupan atau biografi presiden Soeharto. Mantan Presiden Indonesia kedua ini dilahirkan di Kemusuk, Yogyakarta pada tanggal 8 Juni 1921 dari rahim seorang ibu yang bernama Sukirah dan ayah beliau yang merupakan seorang pembantu lurah dalam bidang pengairan sawah dan juga sekaligus seorang petani yang bernama Kertosudiro. Ketika berumur delapan tahun Soeharto mulai bersekolah tetapi ia sering berpindah-pindah sekolah. Awalnya ia sekolah di Sekolah Desa (SD) Puluhan, Godean kemudian ia pindah ke SD Pedes dikarenakan keluarganya pindah ke Kemusuk, Kidul. Setelah itu kemudian ayahnya Kertosudiro memindahkan Soeharto ke Wuryantoro. Beliau kemudian dititipkn dan tinggal bersama Prawirohardjo seorang mantri Tani yang menikah dengan adik perempuan Soeharto.

Ditahun 1941 tepatnya di Sekolah Bintara, Gombong di Jawa Tengah, Soeharto terpilih sebagai Prajurit Telatan, sejak kecil ia memang bercita-cita menjadi seorang tentara atau militer. kemudian pada tanggal 5 Oktober 1945 setelah Indonesia merdeka, Soeharto kemudian resmi menjadi anggota TNI. Setelah itu kemudian Soeharto menikahi Siti Hartinah atau Ibu Tien yang merupakan anak seorang Mangkunegaran pada tanggal 27 Desember 1947 dimana usia Soeharto etika itu 26 tahun dan Siti Hartinah atau Ibu Tien berusia 24 tahun. Dari pernikahannya kemudian ia dikarunia enam orang anak yaitu Siti Hardiyanti Hastuti, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Herijadi, Hutomo Mandala Putra dan Siti Hutami Endang Adiningsih.

Jalan panjang dan berliku dilalui Soeharto ketika merintis karier militer dan juga karier politiknya. Dalam bidang militer Soeharto memulainya dengan pangkat sersan tentara KNIL, dari situ ia kemudian menjadi Komandan PETA pada zaman penjajahan Jepang, setelah itu ia menjabat sebagai komandan resimen berpangkat mayor kemudian menjabat komandan batalyon dengan pangkat Letnan Kolonel. 

Sejarah bangsa Indonesia tidak bisa dilepaskan dari peristiwa yang dikenal sebagai Serangan Umum 1 Maret 1949, itu merupakan peristiwa yang menjadi catatan penting dalam sejarah bangsa ketika resmi merdeka dari penjajahan bangsa Belanda selama tiga setengah abad. Banyak versi mengatakan bahwa Peranan Soeharto ketika merebut Yogyakarta yang waktu itu sebagai Ibukota Republik Indonesia dalam Serangan Umum 1 Maret tidak bisa dipisahkan. Tujuan dari serangan umum 1 Maret adalah menunjukan pada dunia internasional tentang eksistensi dari TNI (Tentara Nasional Indonesia) ketika itu dalam membela Bangsa Indonesia. Dalam kepemimpinannya, Soeharto berhasil merebut kota Yogyakarta dari cengkraman penjajah Belanda pada waktu itu. Pada waktu itu beliau juga menjadi pengawal dari Panglima Besar Jendral Sudirman. Dalam operasi pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda ketika itu beliau yang menjadi panglima Mandala yang dipusatkan di Makassar.

Ketika peristiwa G-30-S/PKI meletus pada tanggal 1 Oktober 1965, Soeharto kemudian bergerak cepat mengambil alih kendali pimpinan Angkatan Darat ketika itu dan kemudian mengeluarkan perintah yang cepat untuk mengatur dan mengendalikan keadaan negara yang kacau akibat dari kudeta oelh PKI. Setelah peristiwa G-30-S/PKI, Soeharto kemudian menjabat sebagai Panglima Angkatan Darat menggantikan Jendral Ahmad Yani yang gugur di tangan PKI. Selain sebagai Panglima Angkatan Darat, Soeharto juga menjabat sebagai Pangkopkamtib yang ditunjuk oleh Presiden Soekarno pada waktu itu. Puncak karier Soeharto ketika ia menerima Surat Perintah Sebelas Maret atau yang dikenal sebagai "Supersemar" oelh Presiden Soekarno pada bulan maret 1966 dimana tugasnya adalah mengendalikan keamanan dan juga ketertiban negara yang kacau setelah kudeta yang dilakukan oleh PKI dan mengamalkan ajaran Besar Revolusi Bung Karno.

Setelah peristiwa G-30-S/PKI keadaan politik dan juga pemerintahan Indonesia makin memburuk, kemudian pada bulan maret 1967 dalam sidang istimewa MPRS yang kemudian menunjuk Soeharto sebagai Presiden Kedua Republik Indonesia yang menggantikan Presiden Soekarno, dimana pengukuhan dilakukan pada Maret 1968. Masa pemerintahan presiden Soeharto dikenal dengan masa Orde Baru dimana kebijakan politik baik dalam dan luar negeri diubah oleh Presiden Soeharto. Salah satunya adalah kembalinya Indonesia sebagai anggota PBB (Perserikatan Bangsa Bansa) pada tanggal 28 September 1966 setelah sebelumnya pada masa Soekarno, Indonesia keluar sebagai anggota PBB.

Pada tahap awal, Soeharto menarik garis yang sangat tegas. Pengucilan politik dilakukan terhadap orang-orang yang terkait dengan Partai Komunis Indonesia. Sanksi kriminal dilakukan dengan menggelar Mahkamah Militer Luar Biasa untuk mengadili pihak yang dikonstruksikan Soeharto sebagai pemberontak. Pengadilan digelar dan sebagian dari mereka yang terlibat "dibuang" ke Pulau Buru bahkan sebagian yang terkait atau masih pendukung dari Partai PKI dihabisi dengan cara dieksekusi massal di hutan oleh militer pada waktu itu. Program pemerintah Soeharto diarahkan pada upaya penyelamatan ekonomi nasional, terutama stabilisasi dan rehabilitasi ekonomi. Yang dimaksud dengan stabilisasi ekonomi berarti mengendalikan inflasi agar harga barang-barang tidak melonjak terus. Dan rehabilitasi ekonomi adalah perbaikan secara fisik sarana dan prasarana ekonomi. Hakikat dari kebijakan ini adalah pembinaan sistem ekonomi berencana yang menjamin berlangsungnya demokrasi ekonomi ke arah terwujudnya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Program stabilsasi ini dilakukan dengan cara membendung laju inflasi. Dan pemerintahan Soeharto berhasil membendung laju inflasi pada akhir tahun 1967-1968, tetapi harga bahan kebutuhan pokok naik melonjak. Sesudah dibentuk Kabinet Pembangunan pada bulan Juli 1968, pemerintah mengalihkan kebijakan ekonominya pada pengendalian yang ketat terhadap gerak harga barang khususnya sandang, pangan, dan kurs valuta asing. Sejak saat itu ekonomi nasional relatif stabil

Setelah berhasil memulihkan kondisi politik bangsa Indonesia, maka langkah selanjutnya yang ditempuh pemerintah Orde Baru adalah melaksanakan pembangunan nasional. Pembangunan nasional yang diupayakan pemerintah waktu itu direalisasikan melalui Pembangunan Jangka pendek dan Pembangunan Jangka Panjang. Pambangunan Jangka Pendek dirancang melalui Pembangunan Lima Tahun (Pelita). Setiap Pelita memiliki misi pembangunan dalam rangka mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sedangkan Pembangunan Jangka Panjang mencakup periode 25-30 tahun. Pembangunan nasional adalah rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan yang meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa, dan Negara. Pembangunan nasional dilaksanakan dalam upaya mewujudkan tujuan nasional yang tertulis dalam pembukaan UUD 1945.

Pada masa orde baru, pemerintah menjalankan kebijakan yang tidak mengalami perubahan terlalu signifikan selama 32 tahun. Dikarenakan pada masa itu pemerintah sukses menghadirkan suatu stablilitas politik sehingga mendukung terjadinya stabilitas ekonomi. Karena hal itulah maka pemerintah jarang sekali melakukan perubahan-perubahan kebijakan terutama dalam hal anggaran negara. Pada masa pemerintahan orde baru, kebijakan ekonominya berorientasi kepada pertumbuhan ekonomi. Kebijakan ekonomi tersebut didukung oleh kestabilan politik yang dijalankan oleh pemerintah. Hal tersebut dituangkan ke dalam jargon kebijakan ekonomi yang disebut dengan Trilogi Pembangungan, yaitu stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi yang stabil, dan pemerataan pembangunan. 
Dari keberhasilannya inilah sehingga Presiden Soeharto kemudian disebut sebagai "Bapak Pembangunan".

Titik kejatuhan Soeharto, ketika pada tahun 1998 dimana masa tersebut merupakan masa kelam bagi Presiden Soeharto dan masuknya masa reformasi bagi Indonesia, Dengan besarnya demonstrasi yang dilakukan oleh Mahasiswa serta rakyat yang tidak puas akan kepemimpinan Soeharto serta makin tidak terkendalinya ekonomi serta stabilitas politik Indonesia maka pada tanggal 21 Mei 1998 pukul 09.05 WIB Pak Harto membacakan pidato "pernyataan berhenti sebagai presiden RI” setelah runtuhnya dukungan untuk dirinya. Soeharto telah menjadi presiden Indonesia selama 32 tahun. Sebelum dia mundur, Indonesia mengalami krisis politik dan ekonomi dalam 6 sampai 12 bulan sebelumnya. BJ Habibie melanjutkan setidaknya setahun dari sisa masa kepresidenannya sebelum kemudian digantikan oleh Abdurrahman Wahid pada tahun 1999. Kejatuhan Suharto juga menandai akhir masa Orde Baru, suatu rezim yang berkuasa sejak tahun 1968 atau selama 32 Tahun.

Presiden RI Kedua HM Soeharto wafat pada pukul 13.10 WIB Minggu, 27 Januari 2008. Jenderal Besar yang oleh MPR dianugerahi penghormatan sebagai Bapak Pembangunan Nasional, itu meninggal dalam usia 87 tahun setelah dirawat selama 24 hari (sejak 4 sampai 27 Januari 2008) di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta. Berita wafatnya Pak Harto pertama kali diinformasikan Kapolsek Kebayoran Baru, Kompol. Dicky Sonandi, di Jakarta, Minggu (27/1). Kemudian secara resmi Tim Dokter Kepresidenan menyampaikan siaran pers tentang wafatnya Pak Harto tepat pukul 13.10 WIB Minggu, 27 Januari 2008 di RSPP Jakarta akibat kegagalan multi organ.

Kemudian sekira pukul 14.40, jenazah mantan Presiden Soeharto diberangkatkan dari RSPP menuju kediaman di Jalan Cendana nomor 8, Menteng, Jakarta. Ambulan yang mengusung jenazah Pak Harto diiringi sejumlah kendaraan keluarga dan kerabat serta pengawal. Sejumlah wartawan merangsek mendekat ketika iring-iringan kendaraan itu bergerak menuju Jalan Cendana, mengakibatkan seorang wartawati televisi tertabrak.

Di sepanjang jalan Tanjung dan Jalan Cendana ribuan masyarakat menyambut kedatangan iringan kendaraan yang membawa jenazah Pak Harto. Isak tangis warga pecah begitu rangkaian kendaraan yang membawa jenazah mantan Presiden Soeharto memasuki Jalan Cendana, sekira pukul 14.55, Minggu (27/1).

Sementara itu, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri yang tengah mengikuti rapat kabinet terbatas tentang ketahanan pangan, menyempatkan mengadakan jumpa pers selama 3 menit dan 28 detik di Kantor Presiden, Jakarta, Minggu (27/1). Presiden menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas wafatnya mantan Presiden RI Kedua Haji Muhammad Soeharto.

Jika direnungkah banyak jasa-jasa besar yang dilakukan Soeharto untuk pembangunan dan perkembangan Indonesia dimata dunia Internasional, sebagan rakyat yang pernah hidup di zaman Presiden Soeharto menganggap zaman Soeharto merupakan zaman keemasan ndonesia, karena harga-harga kebutuhan pokok yang murah dimasa itu yang berbanding terbalik dengan zaman sekarang ini, pertumbuhan ekonomi yang stabil, Presiden Soeharto berhasil merubah wajah Indonesia yang awalnya menjadi negara pengimpor beras menjadi negara swasembada beras dan turut mensejahterahkan petani. Sektor pembangunan dimasa Presiden Soeharto dianggap paling maju melalui Repelita I sampai Repelita VI.

Keamanan dan kestabilan negara yang terjamin serta menciptakan kesadaran nasionalisme yang tinggi pada masanya. Di bidang kesehatan, upaya meningkatkan kualitas bayi dan masa depan generasi ini dilakukan melalui program kesehatan di posyandu dan KB, sebuah upaya yang mengintegrasikan antara program pemerintah dengan kemandirian masyarakat. Di jamannya, program ini memang sangat populer dan berhasil. Banyak ibu berhasil dan peduli atas kebutuhan balita mereka di saat paling penting dalam periode pertumbuhannya. itulah sekelumit jasa-jasa atau prestasi dari presiden Soeharto meskipun disamping jasa-jasanya tersebut banyak juga kegagalan di pemerintahannya seperti Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di masanya, pembangunan yang tidak merata antara pusat dan daerah sehingga memunculkan kecemburuan dari daerah seperti Papua.

Dari banyaknya jasa presiden Soeharto tersebut sehingga banyyak yang mengusulkan Soeharto sebagai pahlawan nasional Indonesia. Terlepas dari sejumlah pihak yang masih mempermasalahkan sejumlah kasus hukum Soeharto, fakta di dalam sejarah Indonesia menunjukkan bahwa Soeharto memiliki jasa besar kepada Indonesia. “Perjuangan Soeharto untuk Indonesia yang tercatat dalam buku sejarah bangsa ini, antara lain, pada masa revolusi fisik antara 1945 hingga 1949, pascarevolusi fisik antara 1962 hingga 1967 dan masa kepemimpinannya sebagai presiden

Sosok Soeharto masih menjadi kontroversi hingga saat ini. Rakyat kecil mengingatnya sebagai pahlawan yang menyediakan bensin murah dan beras yang bisa dijangkau. Mereka yang ketika itu tak bersentuhan dengan politik dan pergerakan, akan langsung mengangguk setuju jika ditanya zaman Soeharto lebih enak. Polemik soal gelar pahlawan bagi Soeharto pun masih penuh perdebatan. Sebagian setuju, sebagian menolak mentah-mentah. Sebagian menganggap Soeharto pahlawan pembangunan dan penyelamat Pancasila. Sebagian lagi menganggap Soeharto berlumuran darah atas berbagai aksi pembantaian selama peralihan Orde Lama ke Orde Baru dan seterusnya. Itulah artikel mengenai biografi presiden soeharto semoga bisa menjadi referensi dan juga sebagai bahan pelajaran bagi pembaca sekalian.


FOTO FOTO KENANGAN MANTAN PRESIDEN SOEHARTO








Referensi :
- http://www.wattpad.com/79641-biografi-soeharto
- http://www.merdeka.com/peristiwa/enak-sekarang-atau-zaman-soeharto.html

Jadilah Follower Biografi Tokoh Dunia di Facebook dengan mengklik tombol Like dibawah
Komentar Lewat Facebook
63 Komentar Lewat Blogger
63 Komentar Lewat Twitter

Komentar Tentang Biografi :

63 komentar tentang “ Biografi Presiden Soeharto ”

dd rini mengatakan... on 

tolong saya diberitahu tentang tanda kehormatan dan gelar yang diberikan pada mantan presiden soeharto???? tolong segera dijawab ya .. terima kasih.

Anonim mengatakan... on 

tolong saya ingin berta nya apakah ada
biografi tentang pak soeharto yg dari kecil
apakah ada???

Anonim mengatakan... on 

Mudah-2an ada lagi presiden kaya gini tegas dan penuh dengan tindakan

Haryoadjie mengatakan... on 

Setelah Presd.Soekarno, maka Pak Harto lah yang membawa Negara ini setapak Lebih Maju,modernisasi. maka patut menjadi Anutan Bangsa Indonesia. Setiap Manusia tdk mungkin Sempurna, tentu ada kesalahan, kekilafan. kita semua mesti mengakui kemajuan, Stabilitas ekonomi,keamanan dll. Wasalam.

messi mengatakan... on 

Pak Harto,..bapak pembangunan Indonesia semoga semua kebaikannya selama memimpin Bangsa ini diterima oleh Allah SWT dan segala kekhilafannya diampuni.. Amiin.. Damai Indonesiaku..

Anonim mengatakan... on 

.......

Anonim mengatakan... on 

Pak Harto ..... adalah pemimpin tegas,pada kepemimpinan aman dan tidak ada kerisuan kerisuan selama ini, mudah mudah ada pemimpin yang setegas seperti Pak Harto, mudah mudah Pak Harto damai dialam kubur dan mudah mudah jasa jasa ditrimah aLLOH SWT. AMIN.

Anonim mengatakan... on 

pak harto adlh presiden yg pling tegas.. wktu kepemimpinanny gak ad kerisuhan kyak skrang.. presiden skrang gak tegas..

Anonim mengatakan... on 

megawati geg modaro , goro goro megawati pak harto ra olh gelar
seng due tanah jowo segoro kidul ngamuk o nyang negoro sundo kalapno kluargone megawati lan turunane

Anonim mengatakan... on 

pejoh mega lonthe bosok an

Eko mengatakan... on 

Pak Harto semoga kau tenang dalam sana....

Anonim mengatakan... on 

ASU tenan Harto IKI...

han young mun mengatakan... on 

aku rindu saat engkau jadi presiden,merasa aman dan tidak pernah usah.Semoga amalmu diterima dan dosamu dihapuskan oleh Yang Maha Kuasa

Anonim mengatakan... on 

BAPAK SUHARTO AKAN SELALU DIRINDUKAN RAKYAT INDONESIA SEPANJANG MASA. . . .

Anonim mengatakan... on 

bapak suharto kami akan selalu mengenangmu, mudah2an amal bapak deterima dan kesalahan diampuni.

hamal lucky zain mengatakan... on 

buat anda yang punya pikiran jelek terhadap suharto tolong jangan mengotori blog ini

Anonim mengatakan... on 

Pak Harto adl sosok pemimpin yg tegas dan berwibawa shg negara luarpun mengakui Indonesia sbg macan asia,,,kpn Indonesia akan spt itu lagi,,,

Anonim mengatakan... on 

TIDAK AKAN PERNAH ADA LAGI PRESIDEN SEPERTI PAK SOEHARTO...ANDAI MASIH ADA MUNGKIN KORUPSI TIDAK AKAN MRRAJA LELA SEPERTI SEKARANG.

Anonim mengatakan... on 

Saya adalah salah satu dri sekian bnyak orang yg bangga atas kepemimpinannya,,,,
Kami bangga dengan sosok pemimpin seperti bapak,,, sampai sekarang kami menunggu sosok pemimpin seperti bapak,,, entah kapan semua itu trjadi,,,

Trima kasih Bapak Pembangunan, terima kasih pak harto,,, smoga engkau tenang dsna n ditempatkan d tempat yg mulia di sisi ALLAH SWT,,,
أَمِِيْن يَا رَبَّ العَالَمِينْ

rangga. mengatakan... on 

Suharto adaalah gembong PKI, dialah yg terlibat PKI sesungguhnya

genskar jaya mengatakan... on 

yang berpikiran negatif dari pak harto memang manusia yg rugi...klo gx tau biografi pak hato gx usah mengotori blog...asu tenan wong sing komen elek2..drung mesti raimu biso mimpin seperti pk harto.

Anonim mengatakan... on 

Kpan bangsa ini mendapat sosok pak harto lagi...

wa2n mengatakan... on 

Wlopun byk orng yg tdk sepaham dg pandangan politikmu dimasa akhir kepemimpinanmu,tp bgmpun jg saya sgt mendukung ideologimu utk membangun negara ini.itu menurutku hy krikil2 kecil yg ada didepan matamu.perjuanganmu tetap menjadi pandangan hidupku.

Anonim mengatakan... on 

coba tanya pada seluruh rakyat indonesia,hampir seluruh rakyat indonesia merasa hidup aman,tentram,damai selama negara di pimpin pak harto,sedangkan org2 yg menuduh pak harto sbg gembong PKI,terlibat PKI,atau Dalang PKI dsb,tak lain mereka adalah anak cucu,cicit PKI,yg brhasil lolos dr pak harto,berbagai tindakan di lakukan untuk menghancurkan RI oleh PKI,termasuk PKI yg menyamar sbg ustad,anggota DPR,Guru,pendiri suatu Ormas tertentu,guna mengumpulkan kembali anak cucu,cicit PKI,dan mempengaruhi rakyat agar memusuhi Soeharto,melakukan berbagai cara,terang2an dan sembunyi2,hingga lihat sekarang RI brantakan,kejahatan menjadi di lestarikan,kerusuhan semakin anarkis,rakyat di bodohi secara harus melakukan kebenaran yg berujung kejahatan tanpa di sadari,inilah cara picik PKI menghancurkan pemerintahan RI. Semoga Allah sudah menyipakan calon presiden baru yg tegas dalam memimpin,adil,dan tentunya membasmi sisa2 anak cucu PKI,karena PKI jg musuh Islam,PKI menghabisi kiai2,masjid di hancurkan,al-quran di bakar,selama pak harto memimpin RI,saya sekeluarga dan para tetangga dan org2 di sekitar tempat tinggal saya merasa hidup di negeri ini sangat nyaman tentram adil dan damai,mulailah perlahan2 muncul tanda2 tindakan2 sekumpulan org yg mirip dengan kelakuan PKI(atau jgn2 PKI mulai bangkit lg) sejak pak harto mengundurkan diri.

Merli saputra paloh mengatakan... on 

Pak Harto Kami Bangga pada Mu.

zamroniys mengatakan... on 

ini dia yang lagi saya cari.. terima kasih ya admin,, salam kenal.. :)

Anonim mengatakan... on 

Best president..
Dunia mengakuinya, waktu bapak menjabat ga ada negara tetangga yg berani nginjak" indonesia. Coba skrg malaysia aj yg ga pnya apa" bisa kurang ajar sama indonesia pdhl dulu malaysia bukan apa".

Alec Manoppo mengatakan... on 

Pak harto engkaulah pemimpin dan negarawan sejati bangsa ini jasamu tiada bandingannya bagi bangsa ini terlepas dari semua ke khilafan sebagai manusia biasa dan semoga Allah SWT membalas semua amal kebaikan mu bagi negri ini dan semoga Allah melaknat orang2 yg telah menghianati mu.....

Prajurit TNI mengatakan... on 

Tdk ada pemimpin negeri ini yg sehebat pak harto.. sapa td komen diatas yg blg asu kpd pak harto.. monyet kamu!! Km anaknya PKI ya, ASU kamu!!

Anonim mengatakan... on 

He monyet bajingan kamu!! Km keturunan PKI ya.. tak sikat tenan ndas mu mengko..

Anonim mengatakan... on 

Gk ada pak harto mungkin indonesia gk ada jalan raya.
Pling masih jalan tanah.
Dlu jaman pak harto indonesia macan asia.tpi sekarang macan ompong.teroris dmn mana.,korupsi makin bnyak.lebih baik pak harto korupsi tpi negara aman n maju.
Dr pda kyk sekarang semua korupsi tpi negara malah mundur

Chairalla Lodie mengatakan... on 

Tanya admin... kalo hubungan Pak harto pada masa rusuhnya NTT yg berhubungan sama oseos spading lodewix, kalo ga salah itu namanya.. dia di angkat kayak aejenis pangkat militer pada masa itu, yg katanya berasal dari belanda dan istrinya arab
Yg sedikit cerita juga memegang sebagin wilayah jakarta, atau gimana juga kurang jelas, adminnnn..... cariin berita tentang itu...

Anonim mengatakan... on 

Pak Harto pemimpin yg tegas dan berwibawa,,,

Pecinta Soekarno mengatakan... on 

Soeharto yang waktu itu menjabat presiden tidak menghormati Soekarno sebagai mantan presiden, layaknya mantan presiden lainnya. Soeharto memilih dokter hewan untuk mendampingi dan merawat Soekarno. Saat Bung Karno sakit dan dirawat di rumah, bukan hanya fasilitas medis yang tidak memadai, tim medis dan dokter yang merawatnya pun tidak bisa disebut sebagai dokter ahli. Salah seorang yang ditugaskan merawat Bung Karno, menurut Sukma, berstatus dokter hewan !

Anonim mengatakan... on 

woiii... para pejuang 98 brjuang mati2an untuk mlengserkan orde baru.. malah kalian bangga2kan. orde baru itu gak ada kebebasan brpndapat, pers mati, korupsi halal, pembunuhan secara diam2.. cuma orang bodoh yg merindukan orde baru jaman soeharto.. buka otak kalian heiii pemuda!!!

Fendi Arni mengatakan... on 

Setuju. Aq salah satu pengagum beliaunya

Fendi Arni mengatakan... on 

Apa sekarang gx tambah parah sob. Ysng haruse buka otak iku kamu.

Anonim mengatakan... on 

Pak harto, slh satu pemimpin hebat dunia.. Tiada gading yg tak retak. Slmt jln pak harto.. Smg surga balasan untuk mu.. آميــــــــــــــــــــن ​آمِيّنْ... آمِيّنْ... يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ.

Anonim mengatakan... on 

Hei,,,,pemuda 98
Apakah yang sudah kamu berikan kepada negara,,?? Apa lebih banyak dari apa yang telah Seorang soeharto berikan,,??
Coba kamu bandingkan dahulu dengan sekarang wahai pemuda 98,,??

Anonim mengatakan... on 

,...............
ENTAH YA.............!!!!!!!!

Anonim mengatakan... on 

suharto itil celek ...
Suharto brdarah ibliszz gembong y dajal dan pki
Orde baru Dajzalllll smua...
Yg membanggakan dan memuja khidupan suharto krna penjilat ikut makan harta koropsi
orde baru itil kampret kabeh

al shakha ukasya mengatakan... on 

Biografinya kurang lengkap itu !! Singkat sekali ,, kenapa singkat ??? Itu menjadi pertanyaan yg harus benar2 di cari jawabannya, sebelum membaca biografi sUharto , bacalah dulu biografi sukarno . Suharto itu adalah orang yg tiada duanya kekejamannya !! Orang yg telah memerdekakan negara ini, disingkirkan dan dibunuh secara perlahan !

al shakha ukasya mengatakan... on 

Suharto memberikan apa kepada negara ??? Apa yg diberikan suharto kepada negara ?? Mungkin terlihat tentram pada masa kejayaan suharto untuk negara indonesia !! Mungkin banyak yg telah suharto berikan , akan tetapi banyak pula hutang indonesia kepada negara2 lain . . Hey anda itu melihat suharto dari satu sudut pandang saja !! Melainkan hanya melihat sisi baiknya saja ! Anda tak melihat sisi buruknya !!

HM Soeharto mengatakan... on 

Artikel yang menarik walaupun sebagian besar ngambil dari wikipedia dan sudah tidak lagi update. Untuk update artikel, data, dokumen, foto dan video bisa kunjungi http://soeharto.co ...

Anonim mengatakan... on 

Assallam Wr Wbr... Hey...para demonstran 98/manusia yg kontra dgn Bapak H.M.Soeharto ...kami hanya ingin ketentraman yg masuk logika dan nyata...bukan hanya cita2 yg engga pernah ada nyatanya dan hasilnya hanya propaganda seperti zaman belanda...ingat kita ini bangsa yg menganut budaya timur junjung tinggi azas praduga tak bersalah kalau elu2 orang engga bisa memberikan bukti yg rill jgn asal ngebacot lebih baik diam seribu bahasa dari pada elu2 orang di begoin ame oknum gak bertanggung jawab(PKI)udeh lebih baik elu bangun bersama nih bangsa jgn saling mencaci dan memaki orang lain...koreksi diri sendiri dulu kawan...jangan elu2 orang sok pengin jadi pahlawan...BRAVO para pahlawan kami Bapak H.M.Soeharto Dkk.Wassallam.

Anonim mengatakan... on 

Bajingan koe... Klu nurut apa kata beliau ya pasti enak hidupmu. Makanya jangan suka jadi pemberontak,gaya politik sekarang ini mengadopsi politik amerika BODOH. Mana ada di alqur'an dianjurkan pemerintahan lewat pemilihan umum. Darpada duit dibuang2 buat partai2 gak jelas mending dialihkan ke pembangunan bodoh. Politisi sekarang ini modal bibirnya ampe keriting ngomong sana sini 80% buat kepentingan pribadi 15% buat pendukungnya sisanya utk bangsa hanya 5%. Coba di telaah mana ada Nabi & Rasul dipilih masyarakat. Pejuang 98 itu demo juga karna dikasih duit... Gak usah boong dulu gue juga pernah ikut demo karna duit. BODOH lu.....

Anonim mengatakan... on 

apa jawabmu terhadap kekejaman yg dilakukan pak harto terhadap preseiden soekarno?? Ayo, jawab ya untuk para pendukung soharto... Menurutku, sangat banyak orang kalau dikasih kesempatan mimpin negara ini selama 32 tahun, akan jauh lebih baik dari yg dilakukan suharto.. Jadi, tak ada yg spesial dari suharto selain dari kekejamannya..

Anonim mengatakan... on 

Pak Harto orang yg penuh tanggung jawab di negara indonesia dan sangat mengangkat derajat indonesia di mata dunia•
Semoga engkau di terima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa•
Amin•

Anonim mengatakan... on 

Semua Presiden itu baik dan punya rencana yg baik utk bangsa ini, memang Bapak Soeharto itu Presiden RI yg paling lama memimpin negri ini, tapi Hargailah jasa-jasa beliau saudaraku...

Museum Soeharto Kemusuk mengatakan... on 

Saat ini ada Memorial untuk mengenang Pak Harto di Kemusuk Jogja. Koleksi dan Profil pak harto bisa dilihat di sini. Trima kasih mas...

Anonim mengatakan... on 

Pak Harto kami semua merindukan pemimpin sepertimu.negara ini semakin carut marut.Para pemimpin sekarang hanya memikirkan kepentingan mereka sendiri,hanya memikirkan perut mereka sendiri.tidak tahu dan tidak mau tahu keadaan rakyat yang sebenarnya.

Anonim mengatakan... on 

ga perlu saling MENGHUJAT !!!,
semua pemimpin itu punya 7_an baik meskipun kadang qta ga sependapat,
tetapi qta harus tetap MANGHARGAI JASA_JASA para BELIAU_BILAU atas PERJUANGANYA, SE_7...???

Anonim mengatakan... on 

Sudah lah bapak bapak ibu ibu saudara ku sekalian ojo bertengkar yg kelas jaman terus berkembang seiring kemajian IPTTEK semua pemimpin memiliki gaya kepemimpinan masing masing semua ada lebih kurang nya masih ingat kah saudara saudaraku klta menghendaki sistem pemerintahan yg demokrasi lalu demi keamanan stabilitas negara pak Harto rela mundur dari jabatan Presiden dan diganti oleh wakil nya pada saat itu Bpk BJ Habbibie dan seterusnya sampai ginta ganti sempai terjafi polemik krisis keparcayaan nah mari kita evaluasi bersama masa pemerintahan deri presiden ke 3 sampai ke 6 jelaskan memiliki gaya dan seni masing masing yg jelas semua memiliki lebih dan kurang tergantung kepentingan untuk itu menurutsaya yg lalu biarkan berlalu sekarang yg perlu di fikir kan bagaimana kedepan apakah sistem yang harus di rubah dan meminimalisir intervensi peran dan fungsi partai politik atau tidak lagi makai gaya presiden sial atai yg lain hanya itu pendapat saya kurang lebih mohon maaf wassallam

Anonim mengatakan... on 

Di dunia ini gak ada yg paling baik mental para pejabat perlu ditempa Hidup Gerindra maju Bpk Prabowo utk jadi bakal calon presiden bayar nggak pak berapa bayar saya mau ikut ahhhh

lahuri mengatakan... on 

Pak suharto aku rindu kepemimpinanmu,smga ada pemimpin yg bisa sepertimu
Ya allah trimalah sgala amal perbuatanya n lapangkanlag kuburnya ,,, Aaammmiiiinnn

Anonim mengatakan... on 

Sory nieh gw gak pinter mengenai sejarah indonesia,
ilmu gw cetek, menurut gw pak harto bagus kok, buktinya rakyat tentram, aman, ekonomi stabil, indonesia jadi bermartabat di mata dunia...
tapi dari semua kebaikan pasti ada sisi kelamnya juga, dan inilah yg menjadikan presiden ke2 kita jadi kontroversial untuk dijadikan sbg pahlawan nasional, ada yg bilang pak harto sbg antek2 pki, tukang korup, tukang ngutang, pembunuh dsb...
y udah gak usah dipertengkarkan lg toh orangnya sudah meninggal, mau hukum didunia???
menurut gw skrng tgl kitanya aja bisa berfikir dewasa atau tidak!
kita gak usahlah ngungkit2 masalalu orang/negara kita, biarkan masalalu menjadi sebuah pelajaran bagi kita untuk menyongsong msa dpn bangsa ini...
skrng ini gmana caranya kita memajukan/membangun indonesia, jgn cma merongrong atau menghujat negara(minta ini-itu)
(sory gw jga bkn siapa2 gw cma bisa ngebacot doank)

pernahkah teman2 liat iklan berjalan yg menempel di belakang mobil??
pak harto
"masih enak jamanku tho"

Chico Hery mengatakan... on 

Manusia memang tak Ada yang sempurna Apapun itu jasa-jasa para pepimpin negara ini tetap harus dihargai,,mulai dari Presiden sukarno punya Cara sendiri membawa bangsa ini hingga diakui dimata dunia,,begitu juga pak harto punya Cara memmbangun bangsa ini,,semoga amalan beliau-beliau diterima Dan diampuni dosa2nya oleh Allah SWT ,,amin

tuti alawiyah mengatakan... on 

maksih atas infonya .

Anonim mengatakan... on 

Sya rinduu bgd pemerintahan bapak suharto..skarang Mata ini sslu menangis krn lapar, lahan-lahan kami bertani sudah mnjadi gedung-gedung bertingkat,dan mall tp berbeda di jamanmu pak harto,petani sslu di perhatikan olehmu..

ivan verys mengatakan... on 

Makasih ya blog ini sangat membantu saya ...............



agen tiket murah

Ridho Utomo mengatakan... on 

Biyen bensin 700 ,,saiki piro le,,mikiro dasar pemuda jadul isone mek demo,,
Kui duk kejam pekok kui jenenge tegas guoblokk tenan to,,

Haha piye kabare penak jamane mbah harto to :p

okky mukti wijaya mengatakan... on 

apa emg iya gan,,,

okky mukti wijaya mengatakan... on 

btul tu kalo 32tahun bisa 6 presiden yang menjabat,,, dan banyak perubahan yg terjadi di indonesia ini ! intinya mpr waktu era soeharto diancam secara pribadi ,,, kalo soharto yg kalian banggakan emg pemimpin bermoral,, knp pak soekarno dirawat tak manuasiawi,,,, dimana letak nasiolismenya,,, salah satu tokoh proklamator ind koq dibegitukan

Poskan Komentar